Pemeriksaan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi sering tidak menunjukkan gejala atau keluhan apapun. Karena itu, bagi yang berusia diatas 20 tahun dianjurkan untuk memeriksa kadar kolesterol secara rutin setidaknya tiap 5 tahun sekali. Jika seorang pria sudah berusia lebih dari 45 tahun, atau jika seorang wanita berusia lebih dari 50 tahun atau memiliki riwayat keluarga yang menderita kolesterol tinggi  atau penyakit jantung dan pembuluh darah maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan setiap 2 tahun sekali.

Umumya pemeriksaan kolesterol terdiri dari empat data, yaitu : kolesterol HDL, kolesterol LDL, kolesterol total, dan trigliserida. Pemeriksaan profil lipid dilakukan setelah berpuasa nsepanjang malam. Kolesterol diukur dalam satuan miligram per desiliter darah, yang biasanya disingkat menjadi mg/dL. Terkadang hasil kolesterol  dinyatakan sebagai rasio koelsterol totalterhadap kolesterol HDL atau rasio kolesterol LDL terhadap kolesterol HDL.

Selain di laboratorium pemeriksaan kadar kolesterol bisa dilakukan di rumah dengan alat uji kolesterol yang banyak beredar di pasaran. Selain praktis dan ekonomis, alat uji kolesterol juga cukup akurasi menghasilkan data. Alat uji kolesterol ini bekerja dengan menggunakan analisis kimia dari darah yang diambil dari tusukan dijari untuk menentukan kadar kolesterol seseorang. Umumnya hanya dibutuhkan setetes darah untuk menggunakan alat uji kolesterol. Darah tersebut kemudian ditempatkan pada strip uji dan dibiarkan untuk beberapa waktu. Dalam waktu yang singkat, hasil pengukuran sudah dapat terbaca oleh alat uji tersebut.


=====================================

>>> Kapsul Garlic (Bawang Putih), Bagus Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Kolesterol and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>